Saturday 8 August 2015

Dear 7 wild paradise of Kalimantan, I dare you with [TERIOS]

Assalamualaikum wr wb..


Sebelum memulai menceritakan doa favorit belakangan ini, ada keharuan yang mendalam terbit karena membaca berbagai pengalaman para sahabat petualang bersama Daihatsu Terios. Kesempurnaan mereka menikmati kecantikan bumi pertiwi mulai dari Terios 7 Wonders, Sumatera Coffe Paradise ; Terios 7 Wonders Amazing Celebes Heritage Sulawesi  sampai Terios 7 Wonders Hidden Paradise dan selanjutnya akan membuat sejarah baru melalui Terios 7 Wonder Borneo Wild Adventure tak dapat disangkal adalah andil dari ketidakegoisan sebuah perusahaan yang memiliki komitmen. Bagaimana bisa? Di tengah popularitasnya sebagai mobil pilihan yang sudah lebih dari pantas sebagai the best investation, masih aja mau repot – repot untuk membangun Indonesia dari segi pariwisata yang masih tersembunyi. Sekali lagi, saya ucapkan terima kasih ya Yos! :”

banner lomba yang bisa buat "dreams come true"


Saya pun ingin mengucapkan terima kasih buat Catperku yang telah memposting mengenai lomba yang aku sebut “dream comes true” ini di facebook. Belum lagi ternyata jika saya adalah bagian dari perjalanan spectaculer ini (*bantu Aamiin in yak! :3), partner saya adalah orang – orang hebat yang sudah malang melintang di dunianya masing-masing. Sebut saja bang Barry Kusuma, bang Wira Nurmansyah, bang Cumi Lebay, dan bang HarisMaulana. Sebagai blogger dan #JilbabTraveler yang masih pemula, sempat saya merasa prihatin. Karena dari semua pulau besar Indonesia, hanya udara di pulau Kalimantan lah yang belum saya hirup. Belum lagi saya selalu mentok kalau buat nulis tentang suatu wilayah jika belum pernah menginjakkan kaki disana. Maka tidak salah agar imajinasi liar saya tumbuh dengan subur menjadi salah satu doa favorit beberapa hari ini. Dan ini lah hasil dari doa tersebut..
gagahnya Terios dalam ekspedisi 7 Hidden Paradise
***
1. Uniknya Palangkaraya

Kalau kata sutradara The Hobbit, An Unexpected Journey, maka aku lebih suka mengatakan A Wonderful Journey with Terios ini dimulai dari kota unik Palangkaraya. Kota terluas nomor 1 di Indonesia ini pembangunannya diinisiasi langsung oleh presiden pertama kita. Kota yang memiliki jembatan Kahayan dan Tugu Soekarno sebagai icon nya memang bisa menjadi sebuah magnet tersendiri bagi para petualang. Bagaimana tidak, keragaman suku dayak dan alamnya yang masih alami merupakan kontribusi utamanya.

cantiknya Palangkaraya  
Sejenak meninggalkan ibukota Kalimantan Tengah tersebut, kami bergerak menuju desa Kruing yang berjarak 184 km dari pusat kota. Jalan berlubang merupakan tantangan yang mutlak untuk dihadapi. Alhamdulillah dong ya, partner petualangan kami si Yos (panggilan sayangku untuk Terios) ini. Salah satu keistimewaan New Daihatsu Terios yang merupakan sports utility vehicle (SUV) selain satu – satunya jenis mobil SUV yang memiliki 7 seat juga dibekali dengan mesin 1,5 DOHC VVT-i . Kapasitas mesin yang bisa banget buat menunjang excellent perform dan membawa sahabat petualang lebih ramai merupakan salah satu keahlian si Yos. Wait! Ada lagi nih! suntikan teknologi One Touch Tumble pada kursi baris ke-2 tentu saja membantu akses keluar masuk sahabat petualang dan urusan penyusunan bagasi pasti lebih fleksibel!  Ah, Yos, Kece sekali kamu!

Terios dengan 7 super comfy seat

Adalah Taman Nasional Sebangau yang merupakan rumah untuk keragaman flora dan fauna, di mana orangutan merupakan satwa yang paling menarik untuk diamati. Dengan jumlah populasi sekitar 6000 – 7000 ekor, maka tak heran bahwa tempat ini merupakan surga bagi para Orangutan di Kalimantan Tengah. Menyaksikan tingkah polah satwa cerdas langsung di habitat aslinya tentu saja merupakan a stunning experienced! Taman Nasional seluas hampir 600.000 hektar ini sekali lagi memberikan tantangan uji ketangguhan untuk Terios. Tentu saja, walaupun Kalimantan ganas, Terios Daihatsu siap menghadapi dengan jantan!

2. Warisan kuliner : Durian dan Lontong Orari
   Mengunjungi suatu wilayah baru tentu saja tak lengkap tanpa menikmati kuliner khasnya. Tersebutlah durian dan lontong orari yang siap menawarkan sensasi yang luar biasa pada lidah sahabat petualang. Kalimantan yang juga ternyata centre of origin nya buah durian menawarkan sensasi yang berbeda. Dari 28 buah spesies durian di dunia, 19 berasal dari Kalimantan! Super cool! tentu tak sedikit orang yang mendengar durian Medan. Durian kota saya ini juga memiliki setumpuk penggemar tersendiri. Tapi cukup kaget juga saya melihat durian yang berwarna orange khas Kalimantan. Ada godaan tersendiri yang susah dideskripskikan dengan kata-kata. Lontong Orari? semacam tak asing. Ada hubungan apa si lontong dengan Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia (ORARI). Usut punya usut ternyata asal mula nama lontong orari adalah karena tempat nya dijadikan semacam tempat kopi darat oleh para breakers orari di malam hari. Tak mau kalah dengan durian orang, lontong orari berani tampil beda. seolah tak mau tampil mainstream seperti lontong lainnya, si lontong orari berani tampil beda. Bentuknya segitiga, direndam dengan santan, dilengkapi ikan haruan, sebuah kombinasi sempurna. Saya tak ragu lagi, mengapa om Bondan Maknyuuuss bisa bercerai dengan ketupat kandangan favoritnya setelah memadu kasih dengan lontong orari.  Yos, maka kita pun harus bersama mencicipinya!
godaan lontong orari dan durian orange 
3.  Mengintip si monyet Belanda di Pulau Kaget dan Kandangan

Namanya saja cukup membuat kaget, apalagi mengunjunginya. Pulau unik yang bernama kaget ini merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di tengah aliran sungai Barito. Pulau ini merupakan cagar alam dan rumah untuk maskot dufan sekaligus provinsi Kalimantan Selatan. Yup. Apalagi kalau bukan Bekantan atau juga dikenal dengan monyet Belanda. Bagaimana tidak? Penampilannya tak kalah dengan bule ganteng! Lihat saja badan dan hidung yang besar, ditambah kulit wajah merah dan rambut pirang yang menyempurnakannya. Dan yang lebih uniknya adalah, hidung besar dan panjang nya hanya terdapat pada spesies jantan. Gak salah dong yaa, jika si ganteng Bekantan dijadikan maskot provinsi Kalimantan Selatan.
Cakepnya si Bekantan

Bagaimana dengan Kandangan? Ibukota salah satu kabupaten di Kalsel ini juga cukup menarik untuk dilalui bersama Terios. Kenapa gitu? Habisnya si Yos tak hanya dipercantik dengan design mewah nan gagah, melainkan juga dilengkapi dengan suspensi optimal. Suspensi depan New Daihatsu Terios sudah ditopang oleh MacPharson strut dengan coil spring dan stabilizer. Suspensi belakang nya terdiri dari 5 Link Rigid Axle.  Fungsinya buat apa Da? Ini penting banget buat kenyamanan penumpang loh, termasuk #JilbabTraveler kayak akuh :3. Kok bisa? Ya jelas bisa dong. Suspense optimal ini mampu menghadirkan rasa nyaman dan bisa meredam getaran ketika berjalan melewati medan yang kurang bersahabat.

4. Keragaman Fauna nya Amuntai dan Balikpapan 

 Pesona kalimantan tak ada habisnya! Kali ini, si tangguh Terios mengantarkan kami untuk menonton kerbau berenang. Kerbau unik ini disebut kerbau rawa. Kerbau di darat? biasa. Kerbau berenang? That’s unbelievable! Saya aja yang sudah 6 tahun sekolah di Fakultas Kedokteran Hewan, belum pernah tuh ngeliat secara langsung gimana cara berenang si kerbau!. Kalimantan Selatan memang terkenal dengan peternakan kerbau rawa. Pilihan untuk having a wonderful jorney with Terios emang tepat deh! setepat pemilihan kawasan Danau Panggang di Amuntai untuk menonton si kerbau rawa. Faktanya, Danau Panggang di Amuntai merupakan kawasan yang paling banyak dan luas peternakan kerbaunya di Kalimantan Selatan.

Seorang peternak dan kerbau rawa nya 
Setelah feel amazed, Kami pun bergerak untuk memasuki pintu masuk Kalimantan Timur, Balikpapan. Tak lepas dari wisata keberagaman fauna, sekali lagi, kami dibawa takjub oleh ribuan buaya yang berkumpul dengan rukun di sebuah tempat penangkaran buaya. Buaya aja bisa rukun, masak manusia kayak kita demen berantem sih?. Perbedaan jarak sekitar 312 km di antara kedua provinsi bukan lah suatu big problem untuk si tangguh Terios. Kenapa? Lah gimana enggak, wong Doi sudah dilengkapi dengan Electric Power Steering (EPS), *jenis makanan ringan apa tuh?, EPS yang dimiliki New Daihatsu Terios merupakan sebuah teknologi kekinian yang bisa mengatur pengeluaran bahan bakar secara elektrik plus membuat putaran kemudi jadi lebih ringan pada saat belum berjalan atau pun ketika kecepatan rendah. Hukum alam menyatakan bahwa ini sangat menguntungkan driver. Driver senang, sahabat petualang riang!  Yiaay!
EPS, pahlawan driver Terios

   5. Nasionalisme suku dayak Kenyah

Pulau Borneo dan suku dayak memang seperti perfect match. Suku asli dari pulau ketiga terbesar di dunia ini memang unik. Karena ternyata suku dayak memang banyak jenisnya. Salah satunya adalah suku dayak Kenyah. Alkisah di sekitar tahun 1960-an, suku dayak Kenyah ini tinggal di daerah Kutai barat, disebabkan oleh suatu hal *jangan tanya beta, mereka dihadapi pilihan untuk tinggal di wilayah Malaysia. Alhamdulillah nya adalah, rasa nasionalisme suku dayak Kenyah ini tinggi, sehingga mereka memutuskan untuk hijrah dan akhirnya sampailah di desa Pampang yang terletak sekitar 20 km dari wilayah Samarinda. Perjuangan mereka memulai hidup sungguh tak sia-sia. Karena pada Juni 1991, desa Pampang diresmikan sebagai desa budaya oleh Gubernur Kaltim, HM Ardan. Berbicara mengenai budaya, tentu saja ada suatu perayaan eksotis yang hanya bisa disaksikan di desa Pampang. Upacara Junan namanya. Tradisi ini sudah berumur ratusan tahun dan masih lestari sampai sekarang. Junan disini adakah sebuah ritual mengambil gula langsung dari batang tebunya yang diperas menggunakan kayu ulin.
pria suku dayak Kenyah 


Setelah belajar budaya di desa Pampang, iseng saya mencari tau bagaimana lagu adat suku dayak yang nasionalisme ini. Ngetrip bareng gak seru dong kalau dengar lagu cuma di telinga sendiri. Alhamdulillah, sekali lagi si Yos memang pengertian. Gimana kagak? Ternyata New Daihatsu Terios pun sudah dilengkapi dengan Audio/Video double din dengan AUX dan konektor USB. Jadi nya gak ribet, habis download di handphone langsung deh diputer. Selain itu, Terios juga dilengkapi dengan AC Double Blower, jadi deh udara di dalam mobil Terios sejuk sama seperti hatiku :3
multimedia pendukung Teros 

6. Ulin, si kayu besi 

Kayu khas Kalimantan yang bernama Ulin adalah jenis tanaman berkayu yang tingkat keawetan dan kekuatan nya nomor 1 sehingga tak ragu jika gelar kayu besi disematkan padanya. Sangat disayangkan, kerakusan manusia menyebabkan eksploitasi terhadap kayu hebat ini begitu berlebihan dan sempat membuat kayu Ulin punah di beberapa negara. Kalimantan, yang merupakan rumah kayu Ulin pun tak jauh berbeda. Jumlahnya menurun drastis diikuti permintaan yang melonjak. Masih bisakah kita menyaksikan kayu besi ini? Jawabannya ya. Kita masih bisa menyaksikan salah satu flora warisan nusantara tersebut di Tanjung Kutai.
kayu ulin yang berusia ratusan tahun 
Membelah Taman Nasional seluas 198.000 Ha menjadi tantangan selanjutnya untuk si tangguh, New Daihatsu Terios. Khawatir dengan kemampuan si Yos? Salah besar! Faktor safety yang menjadi pertimbangan utama jelas sudah difikirkan secara matang sebelum meluncurkan si tangguh ke dunia nyata. Sebut saja, Dua SRS Air bag, yang mampu melindungi sahabat petualang saat terjadi benturan; Pretension and Force Limiter Seatbelt, rancangan khusus sebuah sabuk pengaman yang berfungsi mengurangi potensi cedera saat airbag mengambang; serta All Row Seatbelt and Headrest di setiap kursi.

 7. Pulau Surga, Maratua

Pepatah lama mengatakan, save the best for the last. Begitu pun dengan akhir petualangan yang memukau bersama si tangguh Terios. Tersebutlah, Maratua, sebuah pulau surga yang merupakan kawasan segitiga terumbu karang kepulauan Derawan dan rumah satwa bernama Penyu Hijau. Siapa yang menyangka bahwa pulau surga ini merupakan pulau terluar Indonesia karena letaknya di Laut Sulawesi dan berbatasan langsung dengan Malaysia. Adalah aneh menanyakan bagaimana pesona Maratua. Bak lukisan maestro yang sempurna, setiap sudut Maratua menawarkan keindahan yang tak terbantahkan. Ah kawan, jangan lah kau tanyakan apa yang hendak kau lakukan disini. Bersantai di pantai ciamik, membicarakan filsafat hidup bersama warga lokal sampai meniru jejak para perindu dunia bawah laut adalah rentetan kegiatan yang ku jamin bisa membuat hidupmu lebih berwarna.
Pulau surga itu bernama Maratua

Akses yang cukup jauh dari kota Samarinda mutlak membutuhkan mobil yang super nyaman, aman, irit dan tangguh. Apakah keraguanmu muncul kembali? Kubisikkan padamu kawan, si tangguh Terios ini pun sudah didukung oleh teknologi anti-lock braking system (ABS) yang berfungsi buat mencegah penguncian rem saat terjadi pengereman mendadak. Belum lagi perlindungan dari side impact beam atau batangan baja melintang yang melindungi kita dari dampak hantaman pada sisi samping mobil. Bagaimana? Sudah yakin dengan partnerku ini? Ah, anggukan mu sudah menjawab segalanya.

***
Akhirnya, doa ku selesai juga. Layaknya sebuah doa, dimana harapan dan keyakinan adalah pengiringnya. Maka, kau pun tau apa harapanku. Dan telah terbit juga sebuah keyakinan pada diriku, bahwa keraguanmu sudah berubah menjadi sebuah kesimpulan yang sama denganku. Mari sejenak kita memandang dengan takjub partner kita. Si tangguh yang bernama New Daihatsu Terios dalam perjalanan yang aku sebut sebagai langkah jitu dalam menyibak sethe wild paradise of  Kalimantan. Dear Yos, See You when I see You again on September 2015!

Bukti like Fb page VIVAlog dan DaihatsuIndonesia
Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog Terios 2015 yang mengangkat Borneo Wild Adventure sebagai temanya serta diadakan oleh Viva Log dan Daihatsu Indonesia  
screenshoot follow +DaihatsuIndonesia 
screenshoot following @VIVA_log


twit bukti share artikel via twitter
 









5 comments:

  1. Bissmillah, good luck my girl!

    ReplyDelete
  2. pulau maratua ini sepertinya bagus dan cocok untuk dikunjungi kalo bepergian ke palangkaraya ya

    ReplyDelete