Tuesday 1 September 2015

perusahaan teknologi hebat itu bernama Go-Jek !

Assalamualaikum wr wb

Apa kabar kau dan aku? sehat selalu yaa

Go-jek !

Kamu warga Jabodetabek, Bandung, Surabaya dan Bali? Pasti dong gak asing dengan ojek kekinian yang dikenal dengan nama Go-jek. Gampang banget nandainya, dengan khas jaket dan helm hijau bertuliskan Go-jek. Nah, berhubung sebulan terakhir ini aku sejenak menjadi warga ibukota, maka tentu saja aku tak asing dengan Go-jek. Awal mula tau aplikasi ini dari temen. Doi suruh aku download aplikasi Go-jek di play store, terus masukin secarik kode, ntar kamu dapat free 50.000 Da! Lumayan kan! Apalagi kamu di Jakarta gak ada kendaraan, pasti deh kamu bakalan butuh! Tak butuh waktu lama baginya untuk mempengaruhi ku. aku pun langsung mendownload nya. Masukin kode refrensi dari dia, Taraaaa! Dapat deh aku free Go-jek credit sebesar 50.000. Belum lagi aplikasinya yang friendly banget deh. Hebatnya lagi, Go-jek bisa dipake buat Go-Food *elu pesan makanan kemudian dianter ke rumah ; Instant Courier *males ngirim ke JNE atau kantor pos terdekat, Gojeg bisa jadi solus, and the last one fitur Shopping *males keluar buat belanja bulanan? Pesan aja sama Go-jek, ntar bakalan dibelikan deh. Its marvellous

Dan ternyata ini mutual benefit banget. Begitu aku download Go-jeg dan masukin kode refrensi dari teman *sebut saja si A, otomatis aku dapat free Go-jeg credit sebesar 50.000 dan begitu aku pake Go-jeg buat pertama kali, maka si A juga langsung bertambah deh Go-jeg credit nya? Berapa Da? Gak tanggung – tanggung, si A juga dapat free Go-jeg credit 50.000 ! tambah lagi kalau si A punya jiwa marketing yang tinggi, dan doi minta 4 orang temannya yang lain buat downlod. Otomatis saldo Go-Jeg si A bertambah sampe 200.000. Awesome!

Selfie is a must! Thankyou Go-jeg !
Belum lagi kalau ada promo. Dengan jarak maximum 25 km, Cuma kena 10.000! *sekarang udah naik jadi 15.000. tapi tetep ajaa murah. Contohnya nih kemarin, aku kondangan nikahan teman *doakan aku ya biar segera menyusul ke TMII. Nah jarak dari kostanku (Jl.Wijayakesuma 1/26 Dapur susu) ke TMII itu sekitar 16 km. Dan pada saat promo itu Cuma 10.000! belum lagi bisa banget menghemat waktu!. Secara kalau pake motor resiko terjebak macet berkurang hingga 50% ! terus iseng aku tanya ke bapak Go-jek, 
Aku : “Pak, emang bapak ndak rugi jauh gini Cuma 10 rebu?”
Gojek : “endak dong mbak, malah untung”
A : laaaah. Kok bisa pak?
G : iyaa dong mba, wong kita ini dibayar dengan perusahaan setaraf normal.
A : maksudnya bapak dapat 64 ribu dong? *tarif resmi/km dengan Go-jek adalah 4000
G : cerdas sekali mbak!  Baik kan mba perusahaan ku? * dengan bangga si bapak senyum senyum
A : emang perusahaan ndak rugi pak?
G : wah kalau itu ndak tau saya mb, saya sih Cuma bawa penumpang aja.

Tinggal lah aku yang mikir gimana perusahaan Go-jek ini  sanggup menggaji para drivernya yang berjumlah sekitar lebih dari 10.000 orang! Fantastis!

Kemudian di lain kesempatan aku ngobrol lagi dengan si bapak Go-jek
A : Pak, udah berapa lama di Go-jeg? Senang gak pak di Go-jek?
G : udah 3 bulan mb, Alhamdulillah. Senang banget mb. Lumayan banget buat uang anak sekolah.
A : wah, Alhamdulillah yaa pak di tengah kemerosotan rupiah ini
G : Iya mb, saya senang disini.
A : Pak, emang Go-jeg gak rugi ya? Penumpang kan cuma bayar 15.000?
G : Gak dong mbaaak.
A : emang gimana pak? Sayaa penasaran niiih
G : Gini mbak, penumpang kan bayar 15.000, kita ambil contoh dari mbak aja ya. Mbak kan rumahnya 11 km dari sini, normalnya kan mba bayar 44.000, terus mb bayar 15.000. sisanya kan 29.000. dipotong 20% buat perusahaan : 8.800. Nah, perusahaan akan membayar tambahan untuk kita 20.200. Nah. Driver ojek aja sekitar 10.000 orang, 20% potongan itu dikalikan jumlah driver kan sebanyak XX. Terus setiap driver juga gak akan sama kan jarak buat menempuhnya. Jadi potongan tersebut akan di subsidi silang untuk membayar sisa credit promo tersebut.
A : emang cukup ya pak? *aku yang masih tak habis pikir terus bertanya,
G : cukup dong mbak, lagian kan banyak perusahaan lain yang pasang iklan di Go-jek
A : Oh pantesan doooong!

Tapi tetep aja aku gak paham gimana Go-jek menghidupi para driver yang dibayar berdasarkan promo yang didapatkan hasil dari para user yang mendapatkan ratusan ribu Go-jek credit hasil dari mempromosikan dengan gencar keberadaan aplikasi tersebut. Biarlah tetap menjadi misteri yaaa.

semangat selalu pak! 

Pernah, aku pun mendapatkan curhatan dari ibu driver Go-jek yang kisahnya cukup memilukan dan berterima kasih ada kesempatan cari uang melalui Go-jek. Aku pun senyum –senyum sendiri di lain kesempatan si bapak Go-jek bilang bahwa selama 3 bulan dia di Go-jek baru kali ini dapat penumpang yang hobi ngobrol kayak aku. Sampai sampai si Bapak akhirnya mendoakan aku segera ketemu jodoh *konspirasi apa ini?

Dan di akhir tulisan ini, saya cukup merasakan iri beralasan terhadap CEO perusahaan teknologi kekinian yang bernama Nadiem Makarim. Kenapa? Ya jelas saja, ribuan orang sudah berterima kasih padanya. Indah sekali kalau hidup ini bermanfaat untuk orang lain kan? 




7 comments:

  1. Ganteng lagi da orangnya hehe.
    Oya Gojek punya saingan dari Malaysia, namanya Grab Bike. Heu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok jadi beda fokusnya? :))
      Iyaaa. Tapiii enakan gojek ah nduk. Hahaha

      Delete
  2. bagus artikelnya mba.. saya juga lagi nyari info dari mana sih keuntungan perusahaan gojek itu tapi blm ketemu.. klo dari iklan iklan yg mana ya kayanya ga ada iklan dari perusahaan lain yg numpang di gojek
    .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thankyou udah mampir yaaa mbak. Iklan yg ada di aplikasi gojek para driver mbak. Dan skrg udah ada 100.000 orang! Wohooo! Sama dari sponsor jugaa. Telkomsel salah satunya. Makanya para driver gojek pada telkomsel kan. :'))

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  3. Bagus euy tulisannya,.
    Suka sama ide bisnis gojek ini, ngomongin keuntungan gojek dri mana, kayaknya blm bisa dicari Dan perusahaan nya juga masih tahap pengenalan ke setiap user dengan sistem promo Dan credit market, pernah denger visi dri founderny "buka hanya profit tpi ingin mensejahterkan tukang ojek", emang cocok nih founder nya dijadiin bahan iri beralasan,hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thankyou udah mampir yaaa mas. Udah ada clue loh ditulisan aku. Hayoo kurang fokus ya? :p. Aku juga baru sadar Dari obrolan siang ini dgn driver go-jek bahwa telkomsel adalah salah satu sponsornya. Bayangkan aja, dgn jumlah 100,000 org driver dan mereka wajib pake Nomor telkomsel utk keperluan nelfon dan paket data , jetdaaar, telkomsel udah punya 100.000 org yg setia. Haha. Kece yak. Iyaaa tuh iri banget sama org yg hidupnya bermanfaat buat org banyak. Semoga kita bisa seperti itu yaak :))

      Delete